PMC Unhas

Publication Management Center

 

Universitas Hasanuddin

Dokumentasi Humas

 

Publication Management Center (PMC) Universitas Hasanuddin kembali menggelar Workshop Penulisan Artikel Publikasi Internasional Bereputasi Scopus. Kegiatan yang dikhususkan untuk dosen muda di lingkup Unhas ini berlangsung di Aula Sekolah Pascasarjana, Kampus Unhas Talamanrea, Rabu (29/1).

 

Ketua PMC Unhas, Muhammad Arsyad PhD menjelaskan bahwa workshop ini merupakan lanjutan dari kegiatan sejenis.  Di akhir workshop sebelumnya, setiap peserta memasukkan satu paper, yang kemudian dianalisis pemenuhan standar penulisan untuk artikel jurnal internasional.

 

“Di situ kita melihat bahwa masih ada beberapa bagian yang perlu disempurnakan dalam mempersiapkan artikel jurnal. Dengan berbekal hasil workshop yang lalu, maka desain workshop kali ini kita susun sesuai dengan kebutuhan praktikal,” kata Arsyad.

 

PMC telah membuat survei mengenai kebutuhan para dosen dalam hal kepenulisan publikasi internasional bereputasi Scopus. Terdapat angka 94 persen yang mengatakan bahwa para penulis membutuhkan workshop yang membahas gaya penulisan bereputasi, menggunakan referensi Mendeley, menulis tulisan multidisiplin, teknik sitasi, dan lain sebagainya.

 

“Artinya, dosen-dosen umumnya menguasai substansi tema yang akan dituangkan dalam bentuk artikel, namun masih butuh peningkatan kapasitas dalam hal teknis penulisan untuk menghasilkan artikel yang sesuai standar baku jurnal internasional,” kata Arsyad.

 

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Infrastruktur, Prof Dr Ir Sumbangan Baja MPhil, turut hadir untuk membuka acara, sekaligus memberikan pengarahan. Guru besar Fakultas Pertanian itu telah memiliki scor Scopus H-index 5.

“Di balik setiap capaian publikasi, terdapat sistem di hulu yang berperan penting, misalnya iklim akademik, dukungan fasilitas dan infrastruktur penelitian, dan juga pendanaan. Perlu ada sinergi antara elemen-elemen di hulu yang kuat, sehingga menghasilkan publikasi berkualitas,” kata Prof Sumbangan

 

Sumber :https://identitasunhas.com/gelar-workshop-penulisan-jurnal-internasional-wr-2-unhas-beri-motivasi-dosen-muda/

PMC Unhas

Kampus Unhas Tamalanrea, Gedung Sekolah Pasca Sarjana. Makassar 90245