PMC Unhas

Publication Management Center

 

Universitas Hasanuddin

 Kepala Pusat PMC Unhas (Muhammad Arsyad, PhD)Sejak tahun 2014, kinerja publikasi sivitas akademika Universitas Hasanuddin (Unhas) yang terindeks Scopus terus menunjukkan peningkatan yang pesat. Hingga  tahun 2016 lalu, Unhas menempati peringkat ke-9 nasional dalam halpublikasi yang terindeks Scopus (masuk dalam Top 24 Universities in Scopus Publication). Sebagai perbandingan,jika di tahun2014 jumlah karya yang terindeks Scopus hanya 426 artikel, tahun 2016 jumlahnya meningkat menjadi 1111 artikel. Target publikasi internasional terindeks Scopus Unhas tahun 2017 adalah 1290 artikel. Semester Pertama 2017 sudah mencapai 1302 artikel yang terpublikasi Scopus.  Capaian tersebut sudah melebihi target yang dicanangkan. Sehingga jika dihitung dari tahun 2014 hingga per Juli 2017, sudah terjadi peningkatan876artikel terindeks Scopus. Harapannya, Unhas terus berkarya untuk menjadi salah satu perguruan tinggi yang terbaik di level nasional, regional maupun internasional. 1 September Tahun 2018 ini Unhas berhasil menembus lebih dari 2000 dokumen publikasi di Scopus.

 Kepala Pusat Publication Management Center, PMC Unhas Muhammad Arsyad, Ph.D. menjelaskan bahwa benar hingga kuartal ketiga 2018, Unhas berhasil menembus 2000 dokumen Publikasi di Scopus. Jika dilihat dari distribusi subject area, maka Top Five Publikasi Unhas diraih oleh bidang Medicine, Engineering, Agricultural and Biological Science, Environmental, Physics and Astronomy. Sementara Social Sciences masih butuh energy besar untuk masuk Top Five. Jjika dilihat dokumen berdasarkan type publikasinya (Documents by type), proporsi artikel di Scopus masih menduduki peringkat tertinggi (hampir 70%), Conference Paper 26,5%, Review paper 1,5%. Sisanya adalh Letter, Book Chapter, Editorial, Article in Press, Erratum dan Note yang bervariasi antara 1,2-1%. Jadi kombinasinya masih sangat baik (dominan artikel jurnal). Ini mengindikasikan bahwa, pertama, kemampuan personality dosen Unhas menulis masih sangat baik ditunjukkan dengan kualitas dokumen yang tembus ke publikasi jurnal di Scopus dan tersebar di Quartile 1 sampai 4 di berbagai publisher.

 Rektor Unhas Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu di sela-sela pertemuannya dengan President Asian Rural Sociology Association (ARSA) Prof. Lutgarda Tolentino di Hotel Claro 31 Agustus 2018 yang datang untuk bekerjasama dengan Unhas dalam menggelar International Conference, menjelaskan bahwa Unhas melalui PMC menyiapkan Program Strategis untuk mendorong percepatan publikasi Internasional. Perlu dicatat bahwa meski publikasi Unhas mengalami peningkatan yang cukup baik, akan tetapi perguruan tinggi didalam dan luar negeri pun semua bergerak cepat untuk mendorong riset dan publikasi. Saat ini Unhas sedang berjuang ke World Class University dan salah satu indikator penting adalah Publikasi, termasuk Sitasi per Fakutas. Dengan publikasi ini, kita berharap akan ada economic impact terhadap community development sebagai social responsibility dari Unhas untuk pembangunan. Jadi bukan hanya targeting jumlah dokumen di Scopus, akan tetapi yang paling urgent adalah bagaimana Unhas berperan kuat dalam pembangunan sosial ekonomi lewat riset, inovasi dan publikasi, pungkasnya. ***

 

PMC Unhas

Kampus Unhas Tamalanrea, Gedung Sekolah Pasca Sarjana. Makassar 90245