PMC Unhas

Publication Management Center

 

Universitas Hasanuddin

 

MataKita.co, Makassar – Universitas Hasanuddin melalui Publication Management Center (PMC) kembali menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk “The Second International Conference of Interdisciplinary Research on Green Environment Approach for Sustainable Development (ICROEST) 2020”.

Seri konferensi internasional kedua ini mengusung tema “Technological Enhancement in Achieving Sustainable Development Goals Through Environmental Approach,” berlangsung pada tanggal 24 – 25 Juni 2020. Acara pembukaan kegiatan ini berlangsung pada Rabu (24/6) pukul 09.30 Wita secara virtual melalui aplikasi zoom meeting.

Hadir sebagai Keynote Speaker Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Adapun invite speaker adalah: Prof. Yoshio Kawamura (President, Kyoto Prefectural College of Agricultural, Japan), Guo Jhong-Moh (Leader Of Taiwan Technical Mission in The Republic of Indonesia International Cooperation and Development Fund), N A Bahmid (Wageningen University and Research, The Nerherlands), dan A Saarrankan (Director Department of Fiscal Policy Ministry of Finance, Sri Lanka).

Mengawali Kegiatan, Direktur Publication Management Center (PMC) Unhas, Muhammad Arsyad, Ph.D., menyampaikan bahwa konferensi ini digelar untuk penguatan peran Universitas Hasanuddin dalam mencari pendekatan multidisiplin dalam menangani persoalan pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs), termasuk dalam menghadapi dampak social ekonomi lingkungan Pandemic Covid-19.

“Jumlah peserta ICROEST 2020 tahun ini adalah 1.049 partisipan, terdiri dari 425 presenter dan 689 peserta non-presenter. Sebanyak 88.3% paper berasal dari afiliasi Unhas, selebihnya dari berbagai negeri, yaitu Japan, Belanda, Ethiopia, Zambia, China, Sri Lanka, Taiwan, serta perguruan tinggi mitra dalam negeri berbagai universitas. Paper-paper ini akan diterbitkan pada jurnal dan prosiding terindeks Scopus,” kata Arsyad.

Konferensi Internasional ICROEST 2020 dibuka oleh Rektor Unhas, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA. Dalam sambutannya, Prof Dwia mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PMC Unhas, mengangkat tema yang relevan dengan situasi kekinian.

“Kita mengetahui bersama, Covid-19 terjadi diberbagai negara yang berpengaruh terhadap berbagai sektor seperti pertumbuhan ekonomi, kesehatan, lingkungan bahkan sektor pendidikan dan penelitian. Melalui kegiatan ini, kita bisa melakukan kolaborasi penelitian dari berbagai disiplin ilmu,” jelas Prof Dwia.

Usai memberikan sambutan, Prof Dwia sebagai Keynote Speaker melanjutkan dengan menyampaikan materinya bertema “Building Social Capital To Encounter Pandemic Covid-19″.

Mengawali materi, Prof Dwia menjelaskan kebijakan pemerintah dalam membangun social capital. Hal ini merupakan bagian dari upaya menekan laju penyebaran Covid-19 seperti melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB), penerapan protokol pencegahan Covid-19, menghadirkan fasilitas pelayanan kesehatan, serta beberapa kebijakan manajemen tata kelola.

“Social Capital merupakan konsep yang muncul dari pemikiran bahwa anggota masyarakat tidak mungkin secara individu mengatasi berbagai masalah yang dihadapi. Diperlukan adanya kebersamaan dan kerja sama yang baik dari segenap anggota masyarakat untuk mengatasi suatu permasalahan,” papar Prof. Dwia.

Dalam pendekatan social capital, setiap orang saling terhubung satu sama dalam struktur sosial, saling membangun jaringan diantara satu dengan lainnya. Sehingga memiliki dampak pada rasa empati maupun kebersamaan masyarakat.

“Tentu ini menjadi modal dalam menghadapi krisis pandemi Covid-19, karena kita saling berintegrasi dan mendukung,” kata Prof Dwia.

Diakhir materinya, Prof Dwia menuturkan perlunya koordinasi dalam pendekatan social capital. Untuk mengatasi permasalahan Covid-19, seluruh elemen masyarakat yang tergabung dalam struktur sosial secara aktif melakukan koordinasi dengan pemerintah maupun unsur terkait sehingga terbangun jembatan yang menghubungkan ide dan gagasan dari setiap elemen masyarakat.(*/mir).

 

Sumber : https://matakita.co/2020/06/25/1-049-peserta-hadiri-konferensi-internasional-unhas/

PMC Unhas

Kampus Unhas Tamalanrea, Gedung Sekolah Pasca Sarjana. Makassar 90245