pmc

Publication Management Center

 

Universitas Hasanuddin

Publication Management Center (PMC) atau Pusat Manajemen Publikasi Universitas Hasanuddin menggelar Training Turnitin Application For Plagiarism Detection yang diikuti oleh staf tim Penilai Angka Kredit (PAK) di 15 fakultas di Unhas.

Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi Turnitin itu dilaksanakan di gedung Sekolah Pascasarjana Unhas, pada Kamis (8/11/2018) pukul 09.00 WITA. Sekitar 30 peserta hadir dalam pelatihan tersebut.

Turnitin merupakan aplikasi berbasis online untuk memeriksa originalitas naskah yang lazim digunakan dalam dunia akademik. Dengan aplikasi ini, publikasi ilmiah dapat semakin berkualitas, sekaligus untuk meningkatkan integritas para penulis dalam menghasilkan artikel ilmiah.

Penggunaan alat pemeriksa plagiarisme sangat penting untuk memastikan setiap karya ilmiah memiliki similarity index yang rendah sehingga bisa melancarkan dosen untuk naik pangkat akademik menjadi profesor.

Pelatihan ini diadakan untuk meningkatkan kualitas publikasi ilmiah civitas akademika Unhas. Kegiatan tersebut merupakan langkah lanjut dari PMC setelah Unhas membeli lisensi software Turnitin.

Dengan aplikasi teknologi itu, tim PAK nantinya bisa mencegah setiap upaya penciplakan karya ilmiah. Selain itu, penggunaan teknologi digital ini akan berdampak positif terhadap pengurangan publikasi yang redundan, pemalsuan data, dan konflik kepentingan dalam penilaian.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof Muhammad Restu, yang membuka Training Plagiarism Check ini mengatakan, keberadaan software baru tersebut diharapkan dapat memenuhi keinginan civitas akademika Unhas yang dapat membantu kenaikan pangkat, publikasi paper, dokumen lainnya seperti proposal penelitian dan borang-borang aplikasi.

Prof Muhammad Restu meminta kepada admin-admin tim PAK yang dilatih dapat menjaga Integritas dalam melaksanakan tugasnya dan mempercepat proses yang dikontrol oleh PMC dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI).

“Nanti PMC dapat mengecek, fakultas mana yang paling aktif menggunakan software ini dan mana yang tidak. Kita berharap penggunaaanya dioptimalkan, dan akan berujung pada peningkatan kualitas, sehingga Unhas benar-benar menjadi world class university,” kata Prof Muhammad Restu.

Pelatihan penggunaan aplikasi software ini terselenggara atas kerja sama PMC dan Direktorat Sistem dan Teknologi Informasi (DSTI) Unhas. Narasumber yang membawakan materi dan simulasi Turnitin ini adalah Dr Ilham Bakri dan Dr Andi Dirpan.

(gunawan songki/pojoksulsel)

Sumber : https://sulsel.pojoksatu.id/baca/unhas-optimalkan-penggunaan-aplikasi-turnitin

PMC Unhas

Kampus Unhas Tamalanrea, Gedung Sekolah Pasca Sarjana. Makassar 90245