pmc

Publication Management Center

 

Universitas Hasanuddin

Rektor Universitas Hasanuddin, Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, yang didampingi Prof Andi Nasruddin (Ketua Program World Class Professor Unhas-Helsinki) dan Muhammad Arsyad, Ph.D (Kepala Pusat, Publication Management Center/PMC) menerima kunjungan chief editor jurnal Scopus Q1 Universitas Helsinki, Finlandia, Prof Hekki Hokkanen sekaligus sebagai Coordinator PhD students dari berbagai universitas yg masuk dalam NOVA University Network 5 negara Scandinavia: Denmark, Finlandia, Islandia, Nowegia, Swedia, di ruang kerjanya di Lantai 8 Gedung Rektorat Unhas, Rabu (26/09/2018).

Dalam kesempatan ini Prof Dwia mendiskusikan rencana perpanjangan MoU antara Unhas dan Universitas Helsinki dalam bidang pendidikan, riset, publikasi dan pengabdian masyarakat  Menurut rencana Unhas akan meningkatkan kerja sama riset dan publikasi dengan universitas terbaik di negara Skandinavia tersebut.

Sebelumnya, Unhas dan Helsinki telah menjalin kerja sama hanya pada tingkat fakultas, yaitu Fakultas Pertanian Unhas dengan beberapa fakultas di Helsinki University. Karena itu, Prof Dwia mengharapkan kerja sama tersebut akan ditingkatkan ke level universitas untuk mendorong semua fakultas di Unhas melakukan riset dan publikasi internasional bersama peneliti-peneliti di Helsinki University.

"Saya sangat berterima kasih dan senang sekali dengan kedatangan Prof Hekki. Saya berharap Anda bisa terus bekerja sama dengan kami. Saya sebagai rektor akan selalu mendukung kerja sama riset dan publikasi Unhas dengan pihak Helsinki karena hal itu sudah menjadi arahan menteri untuk mengembangkan riset di universitas, " kata Prof Dwia kepada Prof Hekki mewakili Universitas Helsinki.

Menurut Arsyad selaku Kepala Pusat PMC Unhas akan menindaklanjuti pertemuan tersebut, berkoordinasi dengan Bidang Kemitraan untuk menginisiasi sejumlah program, seperti program joint authorsip Unhas-Helsinki, joint conference for strategic issue and international publication, exchange professor/student, dan lainnya.

Program tersebut menurut Arsyad akan mendorong Unhas menjadi World Class University. Karena itu, pengembangan kerja sama dengan Universitas Helsinki diharapkan bisa terealisasi sehingga internasionalisasi Unhas makin berkembang. terutama peningkatan dan pencapaian Indikator Citation per Faculty dan upgrading e-jurnal Unhas menuju level internasional yang akan menjadi brand universitas.

"Dengan rencana kerja sama itu, paling tidak Unhas bisa di-recognize oleh dunia karena, misalnya, bisa melakukan joint authorship dengan Universitas Helsinki (penulis terkenal) dan akan membantu dosen-dosen Unhas dalam menyadari tugas sebagai insan profesional dalam penyebarluasan gagasan sesuai Undang-undang, jadi akan menjadi semacam academic re-charging bagi Unhas " kata Arsyad.


Wakil rektor bidang Riset, Inovasi dan kemitraan Prof Nasrum Massi menyambut baik kerjasama Helsinki ini. Nasrum dalam acara Workshop Getting High level Citatioan and managing Scientific Journal di PMC 24/9/2018 menjelaskan bahwa kedatangan prof Hekki dapat memberi informasi percepatan e-jurnal Unhas untuk terindeks Global, kita target Scopus" ungkapnya.

PMC Unhas

Kampus Unhas Tamalanrea, Gedung Sekolah Pasca Sarjana. Makassar 90245